Doa Agung Yesus

Posted on May 16th, 2010 by kmk-mipa.
Categories: Gereja.

Injil Yohanes Minggu ini 17:2026 sering disebut sebagai Doa Agung Yesus. Dalam Doa Agung itu Yesus minta kepada semua pengikutnya bersatu. Hal ini disampaikan karena Ia bersatu dalam Bapa, dan Bapa di dalam Dia, seperti Yesus juga akan bersatu dengan para murid-Nya. Bagaimana Doa Agung itu? “Bapa yang kudus, bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka, supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau , ya Bapa, ada di dalam Aku, dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga ada di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang mengutus Aku….” (more…)

1 comment.

Pesan Bapa Suci Paus Benedictus XVI pada Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-43

Posted on May 16th, 2010 by kmk-mipa.
Categories: Gereja.

Saudara dan Saudari Terkasih,
1. Mendahului Hari Komunikasi Sedunia yang akan datang, Saya ingin menyampaikan kepada anda beberapa permenungan mengenai tema yang dipilih untuk tahun ini yakni – Teknologi Baru, Relasi Baru: Memajukan Budaya Menghormati, Dialog dan Persahabatan. Sesungguhnya teknologi digital baru sedang membawa pergeseran yang hakiki terhadap perilaku-perilaku komunikasi juga terhadap ragam hubungan manusia, khususnya bagi kaum muda yang bertumbuh bersama teknologi baru dan telah merasakan dunia digital sebagai rumah sendiri. Mereka berusaha memahami dan memanfaatkan peluang yang diberikan olehnya, sesuatu yang bagi kita orang dewasa acap kali dirasakan cukup asing. Dalam pesan tahun ini, Saya menyadari mereka yang dikenal sebagai generasi digital, dan Saya ingin berbagi dengan mereka, khususnya tentang gagasan-gagasan menyangkut potensi ulung teknologi baru apabila dipergunakan untuk memajukan pemahaman dan rasa kesetiakawanan manusia. Teknologi baru itu sesungguhnya merupakan anugerah bagi umat manusia dan kita mesti sungguh-sungguh memberikan jaminan bahwa manfaat yang dimilikinya dipergunakan untuk melayani semua umat manusia secara pribadi dan komunitas, secara istimewa bagi mereka yang kurang beruntung dan disakiti. (more…)

0 comments.

Memaknai masa Adven I

Posted on November 29th, 2009 by kmk-mipa.
Categories: Perayaan.

Berkah Dalem,

Masa Adven yang telah dimulai minggu ini (29/11/09) membawa kita kepada persiapan menuju kedatangan Yesus. Sebelum lebih jauh kita membicarakan masa Adven, alangkah lebih baik kita lebih mengenal Yesus, Siapakah Yesus?

Pernyataan ini diambil dari pernyataan Rm. Gregorius Kaha, SVD : “Kekristenan muncul sebagai buah dari inspirasi hidup dan ajaran Yesus. Keyakinan bahwa Yesus adalah Kebenaran dan Hidup menumbuhkan komunitas Kristiani dan gerak hidup mereka ini diterangi oleh Roh Kudus. Yesus bahkan pernah berjanji: “Jangan takut, Aku menyertai kamu sampai akhir zaman.”

Menarik: Yesus tidak bertanya apa kata Kitab tentang Aku, tetapi apa kata orang / apa katamu tentang Aku?

Kalau kita rujuk pada Kitab Suci, berita atau nubuat tentang Yesus Kristus sudah ada sejak dari awal. Dia yang adalah “Tunas Kehidupan: yang ada sejak dari awal dunia” ini memang berinkarnasi mengambil rupa seperti manusia kecuali dalam hal dosa. Dia dari kaum anawim – bukan orang mapan; Dia datang dari desa Nazareth wilayah Galilea. Nazareth sendiri bagi orang Yahudi merupakan kota yang tidak diperhitungkan; begitu juga Galilea bagi mereka hanyalah daerah orang-orang kafir, yang tidak terlalu paham hukum agama. Dari sisi politik, Galilea adalah daerah yang menderita akibat penjajah. Maka gagasan Yesus sebagai “pembebas dan penyelamat” sangat kuat hidup dalam alam pikiran bangsa ini. Dalam Perjanjian Baru, penginjil melukiskan Yesus sebagai orang yang penuh belas kasih. Dia memiliki visi hidup yang jelas dan tegas serta tidak kompromi pada kejahatan. Bagi Yesus, hidup dan karya-Nya adalah pertanggung-jawaban pada perutusan Allah; dan karena Allah adalah kasih maka jalan yang dipilih Yesus bukan jalan kekerasan, tetapi jalan kasih. Dalam kehidupan keagamaan, Yesus bukan orang yang sangat menekankan pelaksanaan hukum secara buta. Dengan cara hidup dan ajaran-Nya, Yesus mau mengantar orang di jalan kebenaran dan hidup. Dan jalan itu bisa terwujud kalau orang memiliki hubungan pribadi dengan Allah dan berjuang mewujudkan relasi kasih dengan sesama.

Dalam syahadat iman, kita mengamini bahwa Yesus itu menderita dan wafat karena hukuman di masa Pontius Pilatus. Ini bukan berarti Yesus bersalah maka dihukum, tetapi menunjuk pada unsur historis bahwa Yesus bukan tokoh imaginatif, bukan bohong-bohongan; Yesus sungguh-sungguh ada dan hidup. Di zaman Pontius Pilatus itulah Dia menderita dan disalibkan.

Maka sebetulnya Kitab Suci sudah dengan sangat jelas mengungkapkan siapa itu Yesus bagi dunia. Tetapi yang dikehendaki pengenalan akan Yesus bukan sampai pada pengetahuan kitab; bukan sampai pada slogan atau informasi, tetapi harus sampai pada “hati yang beriman”. Kualitas pengenalan terletak pada relasi / pengalaman pribadi dengan Yesus, bukan jiplakan dari kata orang. Hati yang beriman itu akan melahirkan sifat dan sikap iman yang sesuai dengan kehendak Tuhan.

Engkau adalah Mesias, Anak Allah Yang Hidup

Jawaban Petrus ini lahir dari pengalaman pribadinya dengan Yesus. Petrus tidak terpengaruh oleh apa yang dikatakan orang tentang Yesus, malahan dia menggunakan itu sebagai sarana memurnikan keyakinannya. Dapatkah seorang pengikut Kristus menggunakan tantangan dan kesulitan iman sebagai sebuah kesempatan untuk mempertajam keyakinannya? Atau mungkin kita begitu mudah goncang karena tantangan dalam bentuk pertanyaan, kritik dan gugatan atas iman kita?

Jawaban Petrus yang mewakili para murid membuktikan bahwa iman itu harus dipertanggung-jawabkan dalam hidup sehari-hari. “Seperti tubuh tanpa roh adalah mati demikian iman tanpa perbuatan adalah mati.” Kita sudah dengar banyak tentang siapa itu Yesus, sekarang apa yang kita sendiri katakan tentang DIA? Mudah-mudahan jawaban kita tidak jauh dari jawaban Petrus: “Engkau adalah Mesias, anak Allah yang hidup!”

Pernyataan tersebut diatas sejalan dengan Tema Masa Adven di Keuskupan Agung Semarang “SYUKUR ATAS HABITUS BARU, BERTEKAD BULAT MEWUJUDKAN PEMBARUAN HIDUP BERIMAN”. Kita patut mensyukuri apa yang telah terjadi dalam perjalanan hidup iman kita sehingga itu membuat kita semakin yakin dan percaya diri bahwa Yesus hadir serta berkarya dalam diri kita, sebagai seorang Katolik kita wajib menyangkal diri. Menyangkal diri disini maksudnya adalah kita yakin dan percaya bahwa apa yang terjadi dalam hidup kita adalah karena Kuasa Tuhan, bukan atas kuasa manusia. Itulah sebebnya kita perlu meneladan pula kata-kata Bunda Maria ” Aku ini hamba Tuhan, jadilah padaku menurut perkataan-Mu.

Sudah siapakah anda untuk menyambut masa Adven ini ??? Ini ada bahan untuk perenungan :

Memahami makna Adven dan pelaksanaannya

    - Penyegaran paham Adven

    - Refleksi iman atas pelaksanaan Adven

    Sejarah Adven: Makna kata, perkembangan, dan maksud teologinya

    • Kata Adven berasal dari adventus yang berarti kedatangan.
    • Tradisi Adven muncul di Spanyol sekitar abad IV sebagai persiapan pesta Epifani (Penampakan Tuhan)
    • Pertengahan Abad ke IV, di Roma, sebagai persiapan Natal yang diwarnai suasana gembira dan penuh harapan.
    • Konsili Vatikan II mempertahankan makna Advensebagai masa penantian kelahiran Yesus sebagai Mesias dan kedatangan-Nya yang kedua (parousia)

    Lilin dan Lingkaran Adven (Korona):

    • Lilin Adven adalah empat batang lilin yang diletakkan di lingkaran Adven (Korona Adven), yang terdiri dari tiga lilin berwarna ungu dan satu lilin berwarna merah muda.
    • Lilin Adven mempunyai makna yang tidak berawal dan tidak berakhir, yang menggambarkan Allah yang abadi, tanpa awal, dan akhir.

    Warna Liturgi Adven

    • Warna Liturgi yang ditampilkan adalah Ungu
    • Melambangkan penantian dalam suasana waspada sekaligus gembira dan berharap dalam merayakan Natal.

    Pelaksanaan atau Perayaan

    • Adven dilaksanakan dalam suasana harapan dan kegembiraan , dengan aneka kegiatan yang bersifat jasmani maupun rohani.
    • Bentuk persiapan diri dan hidup agar pantas.

    Semoga Tuhan memberkati kita sekalian dalam persiapan akan kedatangan-Nya.

    Berkah Dalem.

    0 comments.

    SAPAMARU 2009

    Posted on September 7th, 2009 by kmk-mipa.
    Categories: kegiatan kmk.

    SELAMAT DATANG kepada teman2 mahasiswa baru yang sudah diterima dan masuk menjadi warga Fakultas MIPA serta KMK St. Theresia FMIPA UNS.

    Setelah satu tahun berlalu warga baru pun datang kembali, kali ini jumlahnya hampir sama dengan angkatan 2008 yaitu 21 orang. Kali ini PJ atau ketupatnya mba Olin dari Farmasi ’08 dibantu segenap mahasiswa angkatan 2008 yang lain, acara sapamarupun dikemas cukup apik semakin seru dari tahun ke tahun. sapamaru S1 yang dilaksananakan tgl 24 – 26 Agustus dan D3 tgl 4 dan 5 September 2009. berjalan sukses. Provisiat untuk semua panitia.

    Selamat Berjuang saudara- saudaraku, Kasih-Nya selalu beserta kita.

    0 comments.

    Ziarah ATMIPA II

    Posted on September 7th, 2009 by kmk-mipa.
    Categories: kegiatan kmk.

    Kemudian di hari berikutnya, rencana bangun pagi jam 6 buat doa pagi tidak terjadi, mundur sampe jam 7. Beberapa teman terpaksa pulang lebih cepat pada hari minggu pagi itu jadi berkurang beberapa personil. Habis doa pagi, dilanjutkan dengan sarapan. Setelah selesai breakfast, dilanjutkan dengan beres2 karena kapel mau dipakai rombongan lain, trus lanjut ke outbond.

    Outbond dimulai dari pos pertama yaitu (sebenernya) kekuatan dalam dan cerdik, tapi banyak yang meremehkan dan (sebenernya) banyak yang gagal juga. he….he… Pos – pos yang lain lebih seru sih… seperti permaian lompat pagar listrik, isi air di PVC yang bolong-bolong, ketangkasan di pos terakhir (cepet-cepetan jawab pertanyaan trus lempar air) . Secara keseluruhan acaranya seru, bikin capek tapi pemandangan yang didapet lumayan dan udara bukit yang rada adem bikin nyaman juga.

    Setelah itu acara dilanjutkan dengan istirahat, sharing tentang pengalaman outbond, makan siang beres-beres dan pulang. Tak ketinggalan pula foto2 bersama(tapi ada yang g ikut…hu….hu….hu….. ).

    Tetapi kebersamaan memang mahal harganya, kesan mendalam dan pengalaman tak terlupakan pun mendarat d hati masing2 masing peserta maupun panitia.

    Bravo untuk ATMIPA.

    1 comment.

    Ziarah & Weekend 2009 (1)

    Posted on June 1st, 2009 by kmk-mipa.
    Categories: kegiatan kmk.

    Berkah Dalem,

    Sebelumnya kami ingin mengucapkan Selamat atas terlaksananya acara Ziarah dan Weekend 2009 antara KMK St. Mikael ATMI dan KMK St. Theresia MIPA UNS serta Terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut berjalannya acara ini.

    Ziarah dan weekend yang bertempat di Kapel dan Gua Maria Sendang Sri Ningsih mengambil Tema “Meneladan Sang Bunda sebagai Inspirasi Kaum Muda” telah terlaksana dengan baik dan lancar pada tanggal 30 dan 31 Mei 2009. Persiapan yang hanya 3 minggu ini ternyata bisa berjalan dengan baik karena didukung oleh semua komponen yaitu panitia dan para peserta. Berawal dari perbedaan yang akhirnya menjadi sebuah kisah persahabatan yang manis. Begini ceritanya……..

    Ziarah ini terjadi akibat dari pinangan KMK ATMI untuk mengadakan ziarah bersama yang akhirnya diterima oleh KMK MIPA. Lalu terjalin komunikasi antar keduanya lewat ketupat dan panitia masing2. Si Ketua panitia (inisialnya CC) selalu jadi bahan kerjaan bagi yang lain (ha…ha…..,maap) tapi dia bisa jadi galak juga lho…..tetapi justru dari situlah keakraban dimulai pada setiap rapat yang diadakan.

    Akhirnya tibalah hari H. Mipa berkumpul di Boulevard UNS jam 11,  berangkat jam 12 menggunakan bus untuk menjemput teman-teman ATMI dan akhirnya rombongan berangkat pukul 13.00. Setelah tiba langsung masuk ke acara istirahat dan MCK. Jam berikutnya acara dimulai dengan perkenalan antar anggota KMK MIIPA dan KMK ATMI yang hadir, yang kemudian disebut KMK ATMIPA, seru ,kocak , rame, tapi masih pada malu-malu mau (he….he….). Punya temen baru rasanya senang banget dan dapet nama-nama baru seperti Bayu, Andre, Herry, Nata, Ndaru, Panji, Asti, Widya, YB, Ardi, Aryo, Thomas, Putra, Nico, Aan, Danang, Adi, Yoga, Fredy, Cornel…….pokoknya masih banyak (nanti masih diedit lagi kok…tenang aja) serta nama – nama lama seperti Cellin, Petrus, Eric, Rika, Jojo, Monic, Afin, Oliv, Olin, Alin, Sinta, Boby, Doni, David, Cahyo, Viona, Mona, Natalie, Hokki, Anton, Sakti, Rina, Bowo,Via

    Setelah itu ada makan dan independent time (MIPA dan ATMI berpisah tuk sementara, hu….uh….) kami saling mengakrabkan diri antar anggota masing2. Kemudian disela-sela acara datang rombongan ATMI yang kedua, perkenalan sebentar dan dilanjutkan dengan Jalan Salib perkelompok. Jalan Salib kali ini beda dari biasanya coz untuk mencapai pemberhentian berikutnya ada cara-cara unik misalnya berjalan jongkok, berjalan mundur, berjalan sambil menutup mata dan hanya satu sebagai penunjuk jalan, makan lombok, menyakiti diri, dan masih banyak cara lain yang dilakukan untuk ikut ambil bagian dalam Kisah Sengsara-NYA tapi karena dilakukan malem dan jalan yang menanjak serta berliku membuat feelnya kena banget……wuihhhh sampe segitunya…… Setelah sampai di Bukit Golgota diadakanlah renungan dan sharing. Saat sharing kesan2 waktu Jalan Salib diutarakan semua serta semua niat baik yang kan dilakukan masing2 pribadi setelah pulang ziarah. Dan semoga semua itu terlaksana. AMIN. Acara dilanjutkan dengan berdoa pribadi, susana gerimis tidak menyurutkan niat sedikitpun untuk terus memanjatkan doa pada-NYA.

    Kemudian………………………………….

    2 comments.

    Rangkaian pertama dimulai

    Posted on May 18th, 2009 by kmk-mipa.
    Categories: kegiatan kmk.

    Kemaren minggu, KMK MIPA + KMK ATMI (Cellin, Mas Anton, Bayu, Thomas, Andre, Nathalia, Petrus, Silvester, Doni, Olin, Rika, Hokki) pergi ke Gua Maria SriNingsih Paroki Wedi, Sleman, agendanya adalah survey, banyak yang di survey mulai dari tempat survey untuk acara , juga makanan (yang satu ini pokoknya g boleh kelupaan). Dan akhirnya didapat beberapa informasi yang nantinya digunakan untuk pertimbangan rapat selanjutnya.

    Untuk acara ziarahnya sendiri berarti sudah setengah jalan, buat panitia pokoknya TETEP SEMANGAT!!!

    Yesus selalu beserta kita.

    0 comments.

    Ziarah

    Posted on May 6th, 2009 by kmk-mipa.
    Categories: kegiatan kmk.

    coming soon………………

    0 comments.

    Ekaristi Kaum Muda

    Posted on April 27th, 2009 by kmk-mipa.
    Categories: Uncategorized.

    Berkah Dalem,

    Dari EKM Paroki SP Maria Regina Purbowardayan kemaren minggu, banyak yang bisa dijadikan bahan renungan selain dapet teman banyak dai berbagai daerah i sekitar solo. Rombongan KMK yang berangkat dari belakang halte depan UNS tiba 10 menit sebelum Misa dimulai. Pada saat mengisi buku tamu kami (mba Andri, mba Joe2, mas Setyo<sudaranya mba andri, mba Ika> , Sinta, Cellin, mas Anton dan Babe) kita mendapat sambutan hangat dari penunggu buku tamu, eh…. among tamu.

    Lagu pembukaan yaitu tembang jawa “Pangkur” dinyanyikan dengan indah oleh koor. Lagu tobat yang mengusung lagunya anak muda yaitu Merindukan-MU (D’Massiv) bener – bener kena buat para anak muda.

    Pesan dari Romo sendiri adalah menyadari kaum muda harus SADAR, PEDULI dan MENYAPA tawaran Rahmat ALLAH. Injil mengambil dari Luk 10:25-37. Disana dibeberkan tentang siapakah sesama manusia itu? dan jawabannya adalah bukan dari imam yang acuh tak acuh terhadap orang yang habis dirampok dan terkapar dijalan, bukan juga orang Lewi yang taat beribadah tetapi menjauhi korban perampokan tersebut, tetapi justru si samaria, orang yang tak kenal agama yang mau menolong korban perampokan itu. Sesama manusia tidak memandang darimana asalh sesamanya itu tetapi lebih kepada niat baik yang ibawanya untuk membentuk sebuah hubungan yang baik berdasar KASIH ALLAH yang tak pernah habis. Kemudian dalam homilinya Romo Alip menampilkan sebuah video tentang Yesus yang sedang berada di jaman sekarang dengan background sebuah lagu :

    Kau boleh acuhkan diri-KU
    dan anggap KU tak ada
    tapi takkan merubah perasaan-KU … kepadamu …

    KU yakin pasti suatu saat
    semua kan terjadi
    kau kan mencintai-KU dan tak akan pernah … melepasKU …

    AKU mau mendampingi dirimu
    AKU mau cintai kekuranganmu
    selalu bersedia bahagiakanmu apapun terjadi KU janji kan AKU ada

    Kau boleh jauhi diri-KU
    namun KU percaya
    kau kan mencintai-KU dan tak akan pernah melepas-KU …

    AKU mau mendampingi dirimu
    AKU mau cintai kekuranganmu
    slalu bersedia bahagikan mu apapun terjadi
    KU janjikan AKU ada … AKU ada …

    AKU mau mendampingi dirimu
    AKU mau cintai kekuranganmu
    AKU yang rela terluka untukmu selalu …

    AKU mau mendampingi dirimu
    AKU mau cintai kekuranganmu
    slalu bersedia bahagianmu apapun terjadi … KU janji kan AKU ada

    Coba teman teman hayati syair diatas, dan renungkan. Sebegitu tegakah kita pada-NYA? Dia yang telah berkorban untuk kita, Dia yang telah memperbolehkan kita mencicipi dunia ini, Dia yang selalu mendampingi kita sampai saat ini sampai sekarang dan selama-lamanya.

    Saat sekarang dimana setiap manusia bertambah sibuk pada urusan pribadinya masing – membuat sedikit dari kita yang menjalankan Ibadah dengan sepenuh hati bahkan kadang kala kita ada dimana pikiran kita pun kemana. Maka tidak heran jika Romo mengatakan bahwa manusia sekarang egois dan konsumerisme. Itu mungkin yang sering terjadi, maka dari itu luangkan waktu sejenak untuk kita dapat melihat bahwa selalu ada CAHAYA yang menerangi kita disaat suasana sedang keruh. Cahaya yang datang dari Pencipta Yang Maha Agung yang menyayangi kita selama- lamanya. Yesus yang selalu menerima kita selalu menolong kita apa adanya kita.

    Jangan lupa add link blog ini di blog atau web kalian. Dan tunggu aksi berikutnya dari KMK St. Theresia.

    Berkah Dalem.

    3 comments.

    Info Baru

    Posted on April 17th, 2009 by kmk-mipa.
    Categories: Perayaan.

    Berkah Dalem,

    akan diadakan Misa Kaum Muda di Gereja SP. Maria Regina Purbowardayan tanggal 26 April 2009 jam 10.00 . Misa ini diperuntukkan untuk semua kaum muda, jadi yang merasa sudah ngg’ muda lagi tidak diharapkan datang, ha….ha… (just kidding).

    Silahkan datang, akan ada banyak acara di sana.

    Terimakasih.

    0 comments.